Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Minggu, September 06, 2009

SEKILAS TENTANG RATIB REBANA ODE


Ratib Rabana Ode merupakan salah satu kesenian daerah Sumbawa yang hingga kini masih dapat dijumpai ditengah-tengah kehidupan masarakat terutama pada prosesi perkawinan putra-putri Tau Samawa. Kendati demikian kesenian Ratib ini juga dikawatirkan akan hilang seperti kesenian daerah lain yang mulai dilupakan masarakat Sumbawa. Sebut saja Karaci yang sudah jarang dimainkan, padahal kesenian daerah ini jika dipelihara dan dikelola dengan baik bisa mendatangkan pendapatan bagi masrakat sekaligus promosi daerah.
Pengembangan sector pariwisata yang didegungkan Pemkab Sumbawa tidak disertai dengan pembinaan dan ada kesan bahwa Pemkab Sumbawa sepertinya kurang menaruh perhatian terhadap upaya pelestarian budaya ini khususnya kesenian daerah. Kalaupun ada, itu hanya sebatas perlombaan sekali setahun.
Kesenian Ratib Rabana Ode ini, terbilang unik karena tidak dijumpai didaerah lain di Indonesia. Ratib atau menyenandungkan bait-bait lagu bernafaskan Islam menggunakan Rabana. Di Sumbawa ada dua Rebana yang dipergunakan yakni Rebana Ode ( Rebana Kecil ) yang dibuat dari kayu dan kulit kambing dan Rebana Rea ( Rebana Besar ) yang dibuat dari kayu dan kulit kerbau. Yang terakhir ini sudah sangat langka sehingga jarang dijumpai diseluruh wilayah Kabupaten Sumbawa.
Kendati Pemkab Sumbawa tidak memberikan perhatian khusus, namun peminat Ratib Rabana Ode ini masih cukup besar, terutama dikalangan remaja. Di Kecamatan Lantung yang berada dibagian selatan Kabupaten Sumbawa misalnya, pada setiap musim kemarau masih dapat disaksikan para remaja baik putra maupun putrid yang belajar Ratib ata menabuh rebana ini.
Seorang Guru Ratib di Lantung mengatakan, untuk mengajarkan Ratib kepada para remaja di Desa nya, tidak dipungut biaya. Ia menyayangkan Pemerintah Daerah yang kurang serius berperan serta melestarikan kesenian Ratib ini.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Pengikut

Berita Terkini Sumbawanews