Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Jumat, September 18, 2009

UMMAT ISLAM DIHARAPKAN MENUNGGU KEPUTUSAN PEMERINTAH TENTANG 1 SYAWAL

Umat Islam, khususnya di Indonesia, diminta untuk bersabar menunggu hasil rukyatul hilal penentuan awal Syawal atau hari raya Idul Fitri 1430 H. Rukyatul hilal akan diadakan pada Sabtu 19 September petang, atau sesaat setelah Matahari tenggelam pada tanggal 29 Ramadhan.
Hasil rukyat akan disampikan dalam sidang itsbat (penetapan) di kantor Departemen Agama Jakarta dan dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI. Semua ormas Islam tidak boleh mengumumkan awal bulan sebelum sidang itsbat.
Pada sidang istbat zaman Menteri Agama Said Agil Munawwar yang dihadiri oleh berbagai ormas Islam ada kesepakatan tidak tertulis bahwa tidak boleh mengumunkan sebelum sidang itsbat. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah menetapkan bahwa penentuan awal bulan harus didasarkan pada hisab dan rukyat sekaligus. Data hisab yang akurat hanya berfungsi sebagai pemandu pelaksanaan rukyat.
Dikalangan warga Nahdlatul Ulama juga banyak ahli hisab, namun semua menundukkan diri pada hasil rukyat, karena yang menjadi penentu awal bulan adalah rukyat.
Untuk kesempurnaan ibadah, mari kita tunggu pengumuman Pemerintah dan bukan keputusan ormas yang ada.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Pengikut

Berita Terkini Sumbawanews